BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM, SELAMAT DATANG DI LIZA BLOG, BANYAK HAL MENARIK YANG BISA ANDA JUMPAI DISINI

Kamis, 30 Desember 2010

Bonjol Kampungku




 Bonjol merupakan suatu daerah yang terletak di kabupaten pasaman timur. Perjalanan menuju bonjol dari padang bukanlah perjalanan biasa. Jalan yang ditempuh adalah jalan non permanent yang melewati hutan luas dengan kontur yang tidak rata. Jangan heran apabila anda tidak terbiasa melewati jalan tersebut, anda akan dibuat shock oleh panorama dan kondisi jalannya. Bonjol merupakan kampung yang sangat saya cintai. Kehidupan kampung yang diliputi rasa kekeluargaan yang besar sangat terasa, sehingga kita akan merasakan perbedaan yang sangat signifikan dibandingkan kehidupan di kota. Sesuai dengan namanya, bonjol adalah negeri kelahiran pahlawan Tuanku Imam Bonjol dan disini banyak menyimpan sejarah perjuangan pahlawan tersebut . Selain itu, di Bonjol juga terdapat cagar-cagar budaya yang memiliki potensi sebagai daerah tujuan wisata. Sebut saja garis khatulistiwa yang membagi bumi menjadi dua belahan yaitu belahan utara dan belahan selatan, atau lebih dikenal dengan garis equator. Suatu kebanggan bagi masyarakat bonjol karena dilalui garis khatulistiwa yang mana di Indonesia ini hanya ada dua daerah yang dilalui garis khatulistiwa. Salah satunya terdapat di bonjol Profinsi Sumatera Barat dan satu lagi terdapat di Pontianak kepulauan Kalimantan.
Garis equator ini di abadikan dalam sebuah taman wisata yang terletak di pinggir jalan lintas sumatra, dan di dalam taman wisata tersebut terdapat sebuah museum kebanggan masyarakat bonjol yaitu museum Tuanku Imam Bonjol dan sebuah Tugu perjuangan pahlawan tuanku imam bonjol.

Memasuki museum Tuanku Imam Bonjol membuat kita seolah-olah merasakan kembali betapa besarnya jasa seorang pahlawan tersebut dalam perjuangannya mengusir para penjajah. Dengan seorang penjaga museum yang ramah kita akan dibawa keliling-keliling museum ini dan menceritakan kisah-kisah perjuangan pahlawan Tuanku Imam Bonjol dalam mempertahankan negeri bonjol dari penjajah.

Taman wisata equator ini setiap harinya ramai dikunjungi, tidak hanya oleh masyarakat setempat tapi turis-turis luar negeri pun hampir setiap hari berkunjung ke taman wisata equtaor ini. Hanya sekedar berfoto pada garis khatulistiwa tersebut dan mengunjungi meseum tuanku imam bonjol.

Terdapat fenomena alam yang unik di garis equator ini, yang mana setiap tanggal 23 maret dan 21 september setiap tahunnya matahari akan sejajar dengan garis khatulistiwa. Pada tanggal tesebut, tepat pada jam 12 siang jika kita berada di garis equator maka bayangan kita akan berhimpit dengan badan atau bayangan kita tidak akan terlihat. Setiap tahunnya akan ada perayaan sehubungan dengan fenomena alam ini yang biasanya dihadiri gubernur sumatera barat dan tim dari BMKG padang panjang untuk membuktikan kebenaran teori ini.


1 komentar:

  1. hwah ternyata ada juga yang Plat W yang kampunya di Bonjol :)

    Nice Blog :)

    BalasHapus